Intip Tempat Wisata Tersembunyi di Jakarta yang Menarik untuk Dikunjungi

Siapa yang tak kenal dengan Jakarta? Jakarta merupakan ikonik Indonesia yang cukup populer dengan deretan bangunan kokoh menjulang tinggi serta masalah kemacetan yang tak kunjung selesai.

Dibalik kemegahan gedung-gedungnya, ternyata ada banyak tempat wisata tersembunyi di Jakarta yang jarang diketahui orang. Jika kamu berkunjung ke Jakarta, kamu bisa menggunakan promo hotel di Traveloka, lho!

Tak hanya itu, ada diskon Traveloka #DuarDuarKembar di tanggal kembar 8.8 nanti untuk buat staycation, weekend getaway, dan liburan bersama Teman Hidup kamu, Traveloka! Jika kamu memesannya sekarang, kamu akan mendapatkan diskon hingga 70% untuk semua produk. Pakai PayLater akan jauh lebih hemat!

Penasaran apa saja tempat wisata menarik di Jakarta?

1. Kafe Batavia

Rekomendasi tempat bersantai ketika tiba di kota tua Jakarta adalah kafe Batavia. Kafe populer yang dianggap menjadi tempat istirahat paling otentik dengan pemandangan Balai kota lama.

Rancangan kafe menyerupai desain tahun 1850 bergaya kolonial menggunakan interior yang erat sekali kaitannya dengan latar belakang Indonesia. Kafe sudah buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 pagi terletak di Jalan Lada, Pinangsia.

Harga yang dibanderol sangat bervariasi mulai dari 29.000-190.000 yang cocok digunakan sebagai lokasi bersantai menikmati keindahan kota tua Jakarta. Jangan lupa cari hotel tenang bisa di cari melalui promo hotel di Traveloka. Sedang tersedia promo 8.8 Duar Duar Kembar bagi para pengguna setia Traveloka.

2. Kepulauan Seribu

Lokasinya sangat dekat dari Jakarta sehingga menjadikannya sebagai wisata untuk beristirahat dari padatnya aktivitas Jakarta menuju akhir pekan.

Kepulauan yang terdiri dari barisan pulau Teluk Jakarta serta menjadi wilayah administratif Jakarta. Memiliki perbedaan dibandingkan garis pantai umumnya yang dikenal kurang terawat dan kotor.

Kondisi pulau yang bersih dengan air pantai bersih dan suasana sejuk bisa dirasakan melalui kepulauan ini. Sempat dijuluki sebagai Maldiven van Java karena menampilkan pulau yang indah serta berjejer hampir serupa dengan Maladewa.

3. Kebun Binatang Ragunan

Selain menghirup angin laut, kunjungilah kebun binatang yang pertama kali dibangun di Indonesia pada 1864 yakni kebun binatang Ragunan dengan daerah yang lumayan luas sekitar 10 hektar.

Salah satu permasalahan menuju daerah wisata adalah lokasi tujuan yang sulit dijangkau. Kebun binatang Ragunan sangat mudah dijangkau baik menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi karena lokasinya yang luar biasa lebar dengan tempat parkir yang tersedia.

Periode liburan seperti Natal, Tahun baru, dan libur panjang tertentu biasanya membuat banyak tempat ini dipadati oleh para pengunjung. Tidak suka dengan keramaian, lakukanlah kunjungan pada hari biasa.

4. Museum Fatahillah

Berstatus sebagai museum utama yang berkaitan dengan sejarah Indonesia karena pernah dijadikan sebagai penjara untuk beberapa tokoh politik Indonesia. Dibangun pada tahun 1626 membuatnya cukup menjadi museum bersejarah Indonesia.

Bangunan seluas 1300 meter persegi sempat menjadi kantor administrasi perusahaan Hindia Timur Belanda dengan banyak kumpulan artefak, replika, serta barang hasil  penggalian arkeologi.

Hanya Rp 2.000, kamu sudah bisa masuk dan merasakan banyaknya koleksi sejarah untuk menambah pengetahuan yang dibuka mulai selasa-Sabtu.

5. Menara Syahbandar

Berlokasi di pelabuhan Sunda Kelapa sejak 1839 yang terdahulunya digunakan sebagai tempat  untuk memperhatikan kapal yang beraktivitas di Batavia. Sering dijadikan kantor pemungut iuran barang terkait bawaan kapal di pelabuhan Sunda Kelapa.

Tahukah kamu jika di dalamnya terdapat pintu masuk menuju benteng Frederik Hendrik namun telah ditutup. Bangunan yang sudah lama tentu kondisinya akan berubah sama seperti kondisi menara ini yang semakin miring.

Tambahlah pengetahuan dengan naik ke puncak menara untuk menyaksikan berbagai aktivitas kapal yang lalu lalang di pelabuhan Sunda kelapa. 

6. Stasiun Ikonik Jakarta

Meski menjadi hal yang umum diketahui orang Jakarta, stasiun ini menjadi stasiun kereta api terbesar Indonesia menggunakan rancangan arsitek populer, Frans Johan Ghijsels dengan konstruksi yang selesai dibangun pada 1929, dikenal juga sebagai stasiun Beos.

7. Petak Sembilan Pecinan

Wisata tersembunyi kota Jakarta tua yang diduduki banyak penduduk tionghoa dan sudah mengalami perkembangan pesat hingga pantas dikunjungi sebagai lokasi wisata. Dikenal dengan nama Glodok yang sudah diduduki sejak zaman Hindia Timur.

Berawal dari pemberontakan gagal dari warga Tionghoa sejak 1740 memunculkan larangan untuk tinggal dalam tembok kota sehingga Glodok menjadi kampung resmi warga Tionghoa oleh VOC.

Glodok berhasil berkembang menjadi Pecinan serta perdagangan yang cukup berkembang untuk dikunjungi ketika berkunjung ke kota tua Jakarta.

Kota tua Jakarta menjadi bagian Jakarta yang bersejarah untuk disaksikan selain kota Jakarta. Ada banyak lokasi wisata tersembunyi sejarah untuk menambah wawasan ketika sedang holiday bersama keluarga besar sebagai pengganti padatnya aktivitas harian yang sudah dilakukan. Jangan lupa cek promo hotel menarik di Traveloka. Lagi ada promo 8.8 Duar Duar Kembar loh!